TIPS dan TRIK Mengerjakan Soal TPA (Bagian 10 : Tes Logika)


Penalaran adalah suatu proses berpikir yang berkaitan dengan menghubungkan beberapa fakta yang diketahui sehingga diperoleh suatu kesimpulan yang logis. Secara umum, tes kemampuan nalar atau tes logika mempunyai dua tipe yakni tipe penalaran logis dan tipe penalaran analitis. Penalaran logis terkait dengan pola pikir Anda dalam menarik suatu kesimpulan secara logis (silogisme) dari dua premis (mayor dan minor) sehingga diperoleh kesimpulan dari dua premis tersebut. Sementara penalaran analitis berkaitan dengan kemampuan untuk membuat suatu hubungan-hiubungan faktual secara logis dari suatu informasi gagasan, ataupun ide yang tidak terstruktur dengan baik, tetapi tetap dapat ditarik sebuah kesimpulan yang sesuai dengan berbagai hubungan yang ada.

Soal tes ini memang tidak mudah diselesaikan. Perlu beberapa pemikiran yang serius dengan logis dan tidak boleh menggunakan perasaan. Oleh karena itu, beberapa tips dan trik yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut.

  1. Mengidenitifikasi tipe penalaran yang ada, apakah penalaran logis atau penalaran logis atau penalaran analitis
  2. Mencermati dan memahami hubungan yang terjadi pada gagasan, ide, ataupun premis yang ada pada soal sehinggga Anda dapat menggunakan rumus atau hubungan-hubungan yang terjadi secara logis.
  3. Jika soal tes berbentuk soal penalaran logis maka soal tersebut dapat diselesaikan dengan menggunakan ruus-rumus dalam penalaran logis, seperti silogisme dan sebagainya.
  4. Mencari jawaban yang tepat sesuai dengan kesimpulan yang diperoleh.
  5. Selesaikan soal tersebut dengan cermat, teliti, dan tidak tergesa-gesa, dan tetap memperhatikan waktu yang diberikan untuk menyelesaikan soal.

Soalnya bisa di download di TPA-Logika 1

Soal TPA lengkap bisa lihat di Tes Potensi Akademik

About these ads

One comment on “TIPS dan TRIK Mengerjakan Soal TPA (Bagian 10 : Tes Logika)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s