Pembuktian Pythagoras Secara Sederhana (2)


Membuktikan rumus pythagoras pada dasarnya banyak sekali, tapi disini saya coba ngebahas beberapa cara. Pada tulisan saya sebelumnya di Pythagoras (1), saya sudah ngebahas salah satu cara dan pada tulisan ini akan ngebahas dengan cara yang agak mirip.

Misal saya punya segitiga seperti dibawah ini.

Photobucket

Kemudian dengan 4 segitiga seperti diatas saya ngebentuk persegi seperti dibawah ini.

Photobucket

Seperti ang terlihat pada gambar diatas bahwa panjang sisi persegi besar adalah a+b dan panjang persegi kecil adalah c

Perhatikan : Luas persegi besar = 4 \times luas \triangle + Luas persegi kecil

(a+b)\sp{2} = 4 \times \frac{1}{2}ab + c^2

a^2 + 2ab + b^2 = 2ab + c^2

a^2 + b^2 = c^2


Berikan Balasan

