Matematika dan Games Kejelian Mata


Photobucket

Games tersebut merupakan permainan yang lumayan membuat ketagihan banyak orang karena dibutuhkan kejelian mata dalam menyelesaikannya. Dan apabila gagal, pasti akan menimbulkan rasa penasaran untuk mencoba menyelesaikannya lagi.

Games ini merupakan penerapan atau aplikasi dari matematika, lebih khususnya penerapan teori graf. Aplikasi teori graf tersebut terdapat pada aturan main games ini.

Inti dari permainan ini adalah menghubungkan dua gambar yang sama. Namun, tidak semua gambar yang sama selalu bisa dihubungkan. Berikut adalah aturan main yang disediakan pada games tersebut.

Photobucket

Walaupun dijelaskan dengan bahasa mandarin, tetapi dengan memperhatikan gambarnya saja pasti sudah dapat diketahui bagaimana aturan mainnya.

Aturan mainnya :

  1. Pilih dua gambar yang sama dengan cara meng-klik kedua gambar tersebut.
  2. Kedua gambar hanya dapat dihubungkan jika dapat dihubungkan dengan salah satu dari garis-garis yang terdapat pada gambar 2.
  3. Garis-garis tersebut hanya dapat melalui ruangan yang kosong (tidak terdapat gambar)
  4. Bila semua gambar sudah terpilih, maka akan masuk ke level selanjutnya dengan sedikit variasi dari level sebelumnya.

Apabila diperhatikan lebih baik lagi, ternyata aturan tersebut dapat dilihat melalui sudut pandang matematika, yaitu sudut pandang teori graf. Namun sebelumnya harus dilakukan sedikit permisalan.

Pertama, kita misalkan tiap gambar pada game tersebut sebagai sebuah verteks dan garis yang menghubungkannya sebagai edge .

Kedua, kita juga perlu memisalkan dibagian luar gambar-gambar tersebut terdapat simpul-simpuln lainnya yang akan kita sebut dengan verteks semu .

Ketiga, tiap verteks dan verteks semu hanya bertetanggaan dengan simpul yang berada di kanan, kiri, atas, dan bawahnya saja, tetapi tidak bertetanggaan dengan simpul yang lainnya.

Maka dari permisalan diatas didapat graf berikut.

Photobucket

Pada gambar graf di atas, simpul yang berwarna merah merupakan gambar pada games tersebut. Sedangkan simpul yang berwarna hijau merupakan verteks semu seperti yang telah dijelaskan di atas. Dan garis hitam merupakan edge yang menghubungkan simpul pada graf tersebut.

Aturan main games tersebut jika dipandang melalui teori graf adalah sebagai berikut.

  1. Dua gambar (verteks) dapat dipilih untuk dihubungkan jika kedua gambar (verteks) tersebut bertetanggaan .
  2. Dua gambar (verteks) dapat dipilih untuk dihubungkan jika terdapat lintasan yang berawal dari gambar (verteks) yang pertama ke gambar (verteks) yang kedua dengan menggunakan maksimal 3(tiga) edge .
  3. Untuk syarat no.2, lintasan tersebut tidak boleh melalui gambar (verteks) lain selain dua gambar (verteks) yang akan dihubungkan, tetapi boleh melalui verteks semu , dan jika melalui lebih dari dua verteks semu maka verteks semu yang tidak bertetanggaan dengan gambar (verteks) yang dipilih akan diabaikan serta lintasan antara antar verteks-verteks semu yang bertetanggaan dianggap 1 (satu) edge. Perhatikan contoh berikut.

    Misal akan dihubungkan v 1 dengan v 2

    Photobucket

  4. Gambar (verteks) yang sudah dipilih akan berubah menjadi verteks semu.
  5. Apabila terdapat lebih dari 1(satu) lintasan yang menghubungkan dua gambar (verteks) yang dipilih, maka lintasan yang ditampilkan adalah lintasan yang terpendek dan memuat lebih sedikit edge .
  6. Apabila semua gambar (verteks) telah berubah menjadi verteks semu, maka permainan akan masuk ke level selanjutnya dengan aturan yang sama dan sedikit tambahan variasi.
  7. Variasi pada level selanjutnya yaitu gambar (verteks) yang sudah terpilih akan digantikan dengan gambar (verteks) yang ada di sebelahnya (verteks di sebelah kanan, kiri, atas, atau bawah sesuai dengan levelnya karena tiap level memiliki variasi yang berbeda), dan bila tidak terdapat gambar (verteks) lagi maka akan digantikan dengan verteks semu . Berarti dapat dikatakan gambar-gambar (verteks-verteks) pada baris atau kolom di sebelah gambar (verteks) yang dipilih (yang berada di kanan, kiri, atas, atau bawah sesuai dengan variasi level) akan bergeser ke arah gambar (verteks) tersebut.
Sumber : gamatika
About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s