Tanya Jawab MATEMATIKA

Photobucket

Selamat datang kawan di blog ini, melalui page ini, saya ingin mencoba membuka halaman Tanya Jawab Matematika khususnya soal-soal Matematika baik itu PR, tugas, latihan Ujian Nasional / SNMPTN / UM, soal olimpiade, tugas / masalah kuliah atau share tentang materi kuliah. Disini tidak menutup kemungkinan juga untuk kalian yang bisa jawab pertanyaan dari pengunjung untuk bantu menjawab.

Jika soalnya sulit untuk diposting pada kolom komentar, silahkan kirim soal ke email saya aimprof08@gmail.com atau bisa kontak saya lewat WhatsApp 081803653538 atau Line (ID : aimprof08). Saya akan mencoba untuk jawab dengan semaksimal mungkin.

CATATAN PENTING :

Sebelum bertanya, sebaiknya Anda terlebih dahulu sudah mencoba mengerjakannya dan silahkan tulis hasil pekerjaan Anda dikolom komentar untuk didiskusikan lebih lanjut.

Semoga Membantu

811 comments on “Tanya Jawab MATEMATIKA

    • persamaan kuadrat PK atau biasa disebut polinom berderajat dua memiliki persamaan umum := ax^2 + bx + c = 0, dengan a \neq 0.
      persamaan kuadrat memiliki paling banyak dua akar
      bagaimana cara mencari akar PK? bisa dgn cara memfaktorkan, melengkapi kuadrat atau menggunakan Rumus Kecap
      apakah semua PK memiliki akar? tidak
      bagaimana cara kita tahu bahwaPK punya akar atau tidak? kita harus mengecek D := b^2-4ac,

      jika D > 0, maka PK punya dua akar riil berlainan
      contoh :
      PK : x^2-5x+6=0
      a=1, b=-5, c=6
      D = (-5)^2-4(1)(6) = 25 – 24 = 1 > 0
      karena D>0, maka PK memiliki dua akar rill berlainan
      x^2-5x+6=0
      (x-3)(x-2) = 0
      x=3 atau x=2

      jika D = 0, maka PK punya dua akar rill yg sama
      contoh :
      PK : x^2-4x+4=0
      periksa sendiri D = 0

      jika D < 0, maka PK tdak punya akar riil
      contoh :
      PK : x^2+4x14=0 atau x^2+5x-6=0
      kedua PK diats tidak memiliki akar rill karena D < 0 (cek sendiri)

      jika ada yg msih kurang, bgian mana yg belum?

      • fungsi dari akar rill itu apa sih kk. beda antara pk yg punya dua akar rill, pk yang punya dua akar rill yang sama dan pk yang tidak mempunyai akar rill itu apasih kk…………dan apakah ada hubungannya jika kita ingin menjawab soal seperti ini misalnya..

        akar-akar persamaan kuadrat X^2+2x +3 =0 adalah p dan q.persamaan kuadarat yang baru yang akar2nya (p-2)dan(q-2)adalah ……..

        nah klaw soalnya kayak gitu gimana nyarinya kk jlasin sedetil mungkin kk sumpah gw bner enggak ngerti ……..?

        thx sbelumnya y kk karena dah mau bantuin

        • sama aja kok, karena PK itu merupakan fungsi juga.

          PK mempunyai dua akar rill yg sama artinya, dua akar2nya sama (coba krjain soal yg sya kasi diatas), trus klo tdak punya akar riil, artinya kita tdak bisa menemukan akar dri PK (lihat contoh diatas)

          jelas ada hubungan, p dan q itu adalah akar-akar dari persamaan, yg artinyaa nilai D dari PK x^2+2x+3 =0 lebih besar dari nol (D > 0), jika D < 0, maka tidak mnjamin bahwa PK trsbut memiliki akar2 rill.

          untuk soal yg km mksud itu, qta bisa krjain dgn cara sprti ini.
          cari dulu p+q (pnjumlahan kedua akar) dan p.q (perkalian kedua akarnya)
          p+q = -b/a = -2/1 = -2
          p.q = c/a = 3/1 = 3
          misalkan x1=(p-2) dan x2=(q-2)
          PK baru := (x-x1)(x-x2)=0 (INGAT : ini rumus umum PK)
          (x-[p-2])(x-[q-2])=0
          x^2-[q-2]x-[p-2]x+[p-2][q-2]=0
          x^2-([q-2]+[p-2])x+[pq-2q-2p+4]=0
          x^2-([q+p]-4)x+[pq-2(q+p)+4]=0
          substitusi nilai p+q dan p.q, shingga diperoleh
          x^2-([-2]-4)x+[3-2(-2)+4]=0
          x^2+6×11 = 0 (PK baru)

          • klaw soalnya kayak gini… gimana jawabnya kk ^^

            1. akar – akar persamaan x^3 – 4x^2+ x-4 =0 adalah x1,x2,dan x3. nilai x1+X2+X3 ADALAH
            2. pk mx^2 + (m-5)x-20=0 akar-akar saling berlawanan nilai m adalah
            3. jika x1 dan x2 akar persamaan kuadrat x^2+px+1 =0 maka persamaan kuadrat yang akar-akarnya 2/x1+2/x2 adalah….

            • 1. krena polinom brderajat3, cari akrnya pke cara horner. nnti diperoleh (x-4)(x^2 + 1)=0, kemudian utk PK “x^2 + 1 = 0″ memiliki nilai D < 0, jdi tidak memiliki akar, sehingga qta tdak bisa mnghitung x1 + x2 + x3

              2. misal akar2ya x1 dan x2, maka haruslah x1 = -x2 (saling berlawanan)
              x1 + x2 = 0
              \frac{-b}{a} = 0
              \frac{-(m-5)}{m} = 0
              m = 5

              3. akar2nya : (\frac{2}{x1} + \frac{2}{x2})
              misal akar2 utk PK baru itu m dan n dengan m = \frac{2}{x1} + \frac{2}{x2} dan n = \frac{2}{x1} + \frac{2}{x2}
              cari dulu m + n = (\frac{2}{x1} + \frac{2}{x2}) + (\frac{2}{x1} + \frac{2}{x2}) dan m.n = (\frac{2}{x1} + \frac{2}{x2}).(\frac{2}{x1} + \frac{2}{x2})
              INGAT : x1+x2 = \frac{-b}{a} = -p dan x1.x2 = \frac{c}{a} = 1
              PK baru : x^2 – (m + n)x + m.n = 0

    • pertama ubah dulu kdlam bntuk pecahan yg paling mudah
      0,4375 = 4375/10000
      kemudian penyebut dan pembilang dicoba bagi dgn bil.prima [2, 3, 5, ...] (tujuannya biar lbih mudah ngerjainnya)
      misal kita sama2 bgi 5 (karena 4375 tdak bisa dibagi dgn 2 atau 3), shingga diperoleh
      = 875/2000 [bagi 5]
      = 175/400 [bagi 5]
      = 35/80 [bagi 5]
      = 7/16 (pecahan pling sderhana dri 0,4375)

  1. kk bantu aq y menjawab soal ni….
    volume benda putar yg terbentuk jika suatu daerah di putar 360 derajt mengelilingi sumbu y
    yang di batasi oleh kurva y=akar x,sumbu y dan y lebih besar dari 0 dan lebih kecil dari 2

  2. kak jawab soal ni donk aq gak ngerti ….
    volume benda putar yg terbentuk jika suatu daerah di putar 360 derajat mengelilingi sumbu x
    yang di batasi oleh kurva y=akar x, sumbu x dan x lebih besar dari 0dan lebih kecil dari 4

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s