Pembahasan Uji Ketelitian (1)


Setelah sekian lama postingan Uji Ketelitian (1), akhirnya sekarang saya mencoba untuk membahas berapa banyak segitiga yang ada. Menurut dosen saya, penyelesainnya untuk menghitung berapa segitiga yang ada pada gambar tersebut bisa diselesaikan menggunakan Teori Graf. Tapi pada postingan ini saya hanya mencoba untuk membahas secara sederhana saja. Perhatikan segitiga-segitiga yang saya beri warna biru.

  1. Jumlah segitiga : 1

    Photobucket

  2. Jumlah segitiga : 6

    Photobucket

  3. Jumlah segitiga : 1

    Photobucket

  4. Jumlah segitiga : 6

    Photobucket

  5. Jumlah segitiga : 3

    Photobucket

  6. Jumlah segitiga : 6

    Photobucket

  7. Jumlah segitiga : 3

    Photobucket

  8. Jumlah segitiga : 6

    Photobucket

  9. Jumlah segitiga : 6

    Photobucket

  10. Jumlah segitiga : 6

    Photobucket

  11. Jumlah segitiga : 3

    Photobucket

Jumlah segitiga-segitiga yang kita peroleh di atas dijumlahkan : 1 + 6 + 1 + 6 + 3 + 6 + 3 + 6 + 6 + 6 + 3 = 47

Jadi jumlah segtitiga dalam gambar tersebut adalah 47 buah segitiga.

NB: silahkan berikan kritik atau masukan jika masih ada segitiga yang belum terhitung

11 comments on “Pembahasan Uji Ketelitian (1)

  1. ahhh iyya bener kak…saya dapetnya juga segitu!!!
    setelah sy cek sama punya kakak ternyata yg point sebelas saya ulang makanya bisa dapet 50.
    hehehe

Tinggalkan Balasan

