Problem (11)


soal dikirim via email

  1. suku ke-3 dan suku ke-5 barisan geometri dengan suku-suku positif berturut-turut adalah 18 dan 162. berapa suku ke-6 barisan tersebut ?

    PEMBAHASAN :

    un = arn-1

    u3 = ar2 = 18

    u5 = ar4 = 162

    \frac{u_5}{u_3} = \frac{ar^4}{ar^2}

    \frac{162}{18} = r2

    9 = r2

    3 = r

    ar2 = 18

    a.32 = 18

    a = 2

    u6 = ar5 = 2.35 = 486

  2. banyaknya bilangan antara 1.000 dan 4.000 yang dapat disusun dari angka 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 dengan tidak ada angka yang sama adalah…

    PEMBAHASAN :

    angka pertama : 1, 2, 3 (tiga kemungkinan angka pertama antara 1000 dan 4000)

    angka kedua : lima kemungkinan (karena n – 1 yaitu 6 – 1)

    INGAT : tidak ada angka yang sama

    angka ketiga : empat kemungkinan (karena n – 2)

    angka keempat : tiga kemungkinan (karena n – 2)

    jadi banyaknya cara bilangan yang dapat disusun antara 1000 dan 4000 adalah 3 x 5 x 4 x 3 = 180 cara

  3. jika diketahui siswa 60 siswa hobi menonton. berapa banyak siswa yang hobi membaca, menonton 30 derajat, rekreasi 90 derajat, olahraga 110 derajat, hiking 70 derajat, yang dicari yag membaca …

    PEMBAHASAN :

    Terlebih dahulu kita cari jumlah siswanya

    menonton = \frac{60^0}{360^0} x jumlah siswa

    jumlah siswa = \frac{360^0}{60^0} x menonton

    = \frac{360^0}{60^0} x 60

    = 360 siswa

    INGAT : jumlah sudut lingkaran = 3600

    3600 = membaca + menonton + rekreasi + olahraga + hiking

    3600 = membaca + 300 + 900 + 1100 + 700

    3600 – (300 + 900 + 1100 + 700) = membaca

    600 = membaca

    Jadi jumlah siswa yang hobi membaca adalah

    = \frac{60^0}{360^0} x jumlah siswa

    = \frac{60^0}{360^0} x 360

    = 60 siswa

    atau tanpa menghitung jumlah siswa, dalam soal ini kita bisa melihat persentase antara yang hobi menonton dengan hobi membaca adalah sama, sehingga berakibat jumlah siswa yang hobi membaca dan menonton sama yaitu 60 siswa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s