turunan x^x


Pada kesempatan ini, saya kembali membagi sedikit ilmu yang saya dapat, tapi tulisan ini saya posting karena ada pertanyaan dari salah satu pengunjung blog saya (baca disini) dan kebetulan saya baru ingat ada pertanyaan tentang ini dikarekan waktu itu saya agak jarang mengurus blog ini, dan setelah bongkar-bongkar tulisan, saya baru ketemu komentar ini. Sesuai dengan judul tulisan, saya akan menguraikan sedikit bagaimana turunan xx, untuk mempersingkat waktu, silahkan simak turunan dibawah ini.

misal : y = xx

ln-kan kedua ruas, maka

ln y = ln xx

ln y = x ln x

turunkan kedua ruas secara implisit, sehingga

\frac{d}{dx} ln y = \frac{d}{dx} x ln x

\frac{dy}{dx} \frac{1}{y} = \frac{d}{dx} x.ln x + x. \frac{d}{dx} ln x

\frac{dy}{dx} \frac{1}{y} = 1.ln x + x.\frac{1}{x}

\frac{dy}{dx} \frac{1}{y} = ln x + 1

\frac{dy}{dx} = y(ln x + 1)

substitusi y = xx

jadi, \frac{dy}{dx} = xx(ln x + 1)

One comment on “turunan x^x

  1. Ping-balik: turunan x^[x^(x)] | Math IS Beautiful

Tinggalkan Balasan

