Integral log x, ln x, dan e^x


Kali ini saya akan mengangkat sedikit tentang integral seperti tulisan-tulisan sebelumnya, tapi pada kesempatan ini saya akan mengulas sedikit tentang hasil dari integral beberapa fungsi yaitu alog x, ln x, ex, dan ax. Tapi untuk integral ax saya tidak akan bahas lagi karena sudah ada pada tulisan sebelumnya, dapat dibaca disini.

INTEGRAL 1 :

\int alog x dx = …

untuk menyelesaikan integral ini saya akan menggunakan integral parsial, ambil

u = alog x \Rightarrow du = \frac{1}{x \quad ln(a)} dx [bukti]

dv = dx \Rightarrow v = x

\int alog x dx = uv – \int v du

= alog x . x – \int x \frac{1}{x \quad ln(a)} dx

= x alog x – \frac{1}{ln(a)} \int x \frac{1}{x} dx

= x alog x – \frac{1}{ln(a)} x + C

INTEGRAL 2 :

\int ln x dx = …

dengan cara yang sama seperti integral diatas yaitu menggunakan integral parsial, ambil

u = ln x \Rightarrow du = \frac{1}{x} dx

dv = dx \Rightarrow v = x

\int ln x dx = ln x . x – \int x \frac{1}{x} dx

= x ln x – \int dx

= x ln x – x + C

INTEGRAL 3 :

\int ex dx = …

penyelesaian integral fungsi ini, saya akan menggunakan sifat \frac{d(e^x)}{dx} = ex [bukti].

\int ex dx = \int \frac{d(e^x)}{dx} ex dx

= ex + C

sekian tulisan saya kali ini, semoga bermanfaat untuk kita semua.


4 comments on “Integral log x, ln x, dan e^x

Tinggalkan Balasan

