Akses Jurnal Gratis


Tulisan kali ini, saya tidak membahas matematika seperti biasanya, tapi bagi saya pribadi, ini sangat bermanfaat. Muncul ide untuk menulis (menyebarkan) ini adalah ketika saya mendapat info ini via media social dari teman. Baiklah, ini adalah salah satu pintu gerbang untuk akses jurnal secara gratis.

Perpustakaan Nasional Menyediakan akses Jurnal Internasional, kabar baik bagi rakyat Indonesia yang sekarang sedang menempuh studi di dalam negeri. Perpustakaan nasional RI telah berlangganan beberapa database jurnal internasional terkemuka untuk berbagai bidang ilmu, seperti SAGE, Taylor and Francis, Proquest, Gale – Cengange Learning, @My Library, Ulrichs – Periodicals Directory, EBSCO Host, IGI Global, Westlaw, ISEAS, dan ALA Publishing.
Anda hanya perlu jadi anggota perpus secara online dan bisa mengakses (mengunduh) jurnal-jurnal tersebut DI MANAPUN ANDA BERADA. Bagaimana caranya ? Ok, Caranya mudah saja :

  1. Silahkan mendaftar terlebih dahulu, buka link keanggotaan.pnri.go.id, kemudian klik Daftar

     photo Jurnal1_zpsc2e7b846.png

  2. Kemudian klik Lanjutkan Pendaftaran

     photo Jurnal2_zps51f71e9f.png

  3. Setelah itu silahkan isi formnya sesuai dengan kebutuhan
     photo Jurnal3_zps3a9c5d07.png
  4. Setelah selesai semuanya, jangan lupa centang Saya menyatakan data yang diisi benar dan dapat dipertanggungjawabkan, serta setuju untuk mentaati segala peraturan Perputakaan Nasional RI

     photo Jurnal4_zpsd8db8aa8.png

  5. Taraaaaaa, nomor keanggotaan sudah ada, jangan lupa dicatat nomor keanggotaannya
  6. Kemudian masuk ke e-resources.pnri.go.id dan login dengan username dan password dengan menggunakan PNRI yang telah didapat. Pihak perpus akan mengirimkan email aktivasi akun anda, dan VOILA!

  7. Setelah berhasil login, maka akan dibawa ketampilan sebagai berikut dan silahkan ketik judul jurnal yang akan ada cari kemudian klik search
     photo Jurnal5_zpscdd137fe.png

Mohon bantuan menyebarkan ke teman dan kolega yang sedang studi. Mudah-mudahan bisa dimanfaatkan secara maksimal, karena langganan email ini dibiayai uang rakyat. Mohon di-share seluas-luasnya.

Terima kasih!

Sedikit catatan dari saya, ketika saya daftar, saya tidak mendapatkan email aktivasi, tapi sampai saat ini, saya bisa mengakses jurnal-jurnal tersebut.

Semoga bermanfaat

2 comments on “Akses Jurnal Gratis

  1. Ping-balik: Akses Jurnal dan Buku GERATIS!!! | The Future Khalifa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s