Cara Install LaTeX


Selamat datang teman-teman dan para pengunjung blog ini. Terimakasih masih setia mengunjungi blog ini, tulisan kali ini berkaitan dengan \LaTeX, tapi kali ini saya akan share bagaimana cara install \LaTeX di komputer atau laptop. Sebelum mulai menginstall, silahkan siapkan master yang dibutuhkan dan sekalian download jika belum punya. Diantaranya GSview, Ghostscript, MiKTeX 2.9 (maaf saya tidak upload karena terlalu besar, 1.5GB) dan WinEdt 8.0 atau WinEdt 7.0. Sebelumnya saya akan menjelaskan sedikit kegunaan masing-masing dari master tersebut. GSview berfungsi untuk menampilkan file-file output dari latex seperti eps, pdf, ps dll. MiKTeX berisi library(pustaka) yang dibutuhkan latex. WinEdt merupakan editor untuk membuat file latex. Dan Ghostscript merupakan paket software yang salah satunya menyediakan interpreter untuk bahasa PostScript, dengan kemampuan mengkonversi file-file berbahasa PostScript ke banyak format, menampilkannya pada display computer dan atau mencetaknya pada printer yang tidak memiliki kemampuan membaca bahasa PostScript secara built in. Baiklah, terlepas dari fungsi masing-masing master yang kita butuhkan, sekarang kita fokus ke tutorial bagaimana cara menginstall latex, sekarang saya akan paparkan langkah demi langkah. Tapi sebelumnya, jika Anda sudah install \LaTeX sebelumnya dan masih GAGAL, silahkan Anda uninstall semuanya (4 program yang saya sebutkan diatas jika kalian sudah menginstall semuanya) agar tidak terjadi kegagalan lagi dan silahkan antivirusnya di nonaktifkan untuk sementara. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Bukalah drive C, kemudian buka Program Files (x86). Setelah itu buatlah folder baru dengan nama LaTeX (tapi dalam percobaan ini, saya membuatnya di Program Files (x86)). Sehingga nanti menjadi C:\Program Files (x86)\LaTeX. Sebelum melangkah lebih jauuh, mungkin kalian juga perlu perhatikan Operating System PC kalian, jika menggunakan 64 bit dan MiKTeX yang kalian gunakan 32 bit (atau x86) maka buatlah folder yang sama seperti yang saya contohkan ini. Tapi jika OS kalian sesuai dengan dengan MiKTeX yang kalian gunakan 64 bit (PC) dengan 64 bit (MiKTeX) atau 32 bit (PC) dengan 32 bit (MiKTeX) maka buatlah folder LaTeX di C:\Program Files\LaTeX.
  2. Dalam folder LaTeX, buatlah 4 folder baru dengan nama masing-masing sebagai berikut Ghostgum, gs, MiKTeX dan WinEdt.
  3. Jalankan file Ghostscript nya (.exe), kemudian klik SetupGhostscript(1)
  4. Pilih Browse, dan letakkan installannya dalam folder gs yang sudah dibuat pada langkah 2 sedemikian sehingga akan menjadi C:\Program Files (x86)\LaTeX\gs\gs.Ghostscript(2)
  5. Kemudian klik Install.Ghostscript(3)
  6. Setelah selesai terinstall, sekarang jalankan file GSview nya (.exe) dan klik Setup.GSview(1)
  7. Pilih bahasa, EnglishGSview(2)
  8. Kemudian klik NextGSview(3)
  9. Next lagiGSview(4)
  10. Next lagi dan jangan lupa centang “Associate PDF [pdf] files with GSview”GSview(5)
  11. Pilih Browse, kemudian letakkan install-nya dalam folder Ghostgum yang sudah dibuat pada langkah 2. C:\Program Files (x86)\LaTeX\ghostgum.GSview(6)
  12. Kemudian klik NextGSview(7)
  13. Terakhir, klik FinishGSview(8)
  14. Selanjutnya, kita akan install MiKTeX. Jalankan file .exe nya. Centang I accept the MiKTeX copying conditions kemudian klik Next.MiKTeX(1)
  15. Pilihlah yang Complete MiKTeX, karena jika menggunakan Basic MiKTeX, kemungkinan nanti ada package yang kurang sehingga ada kemungkinan tidak sukses ketika akan meng-compile file yang membutuhkan package yang lengkap.. Kemudian klik Next.MiKTeX(2)
  16. Klik Next.MiKTeX(3)
  17. Pilih Browse, kemudian letakkan install-nya dalam folder MiKTeX yang sudah dibuat pada langkah 2. C:\Program Files (x86)\LaTeX\MiKTeX.MiKTeX(4)
  18. Klik Next.MiKTeX(5)
  19. Dalam proses install MiKTeX ini, membutuhkan waktu yang agak lama, jadi harap bersabar ketika menunggu.
  20. Dalam proses terakhir yaitu install WinEdt. Jalankan file WinEdt 8.0 (.exe).MiKTeX(6)
  21. Kemudian klik Next.WinEdt(1)
  22. Jangan lupa centang I accept term of the License Agreement, kemudian klik Next.WinEdt(2)
  23. Klik Next.WinEdt(3)
  24. Next lagi.WinEdt(4)
  25. Pilih Browse, kemudian letakkan install-nya dalam folder WinEdt yang sudah dibuat pada langkah 2. C:\Program Files (x86)\LaTeX\WinEdt.WinEdt(5)
  26. Klik Next.WinEdt(6)
  27. Next lagi.WinEdt(7)
  28. Silahkan tunggu sampai proses installnya sukses.

Selamat mencoba,

Saya sudah mencoba cara ini dan alhamdulillah berhasil. Saat install, saya menggunakan Windows 8 dengan OS 64bit dan MiKTeX 2.9 (complete) 32bit. Jika ada yang masih belum berhasil, silahkan isi kolom komentar, nanti kita diskusikan lebih jauh.

Jika kalian ingin mengecek apakah sudah sukses atau belum, kalian bisa menulis script dibawah ini.

\documentclass{article}

\begin{document}

tes tes

\end{document}

kemudian tekan F9 untuk meng-compile.

Ada yang bertanya, apa perbedaan MiKTeX yang complete dan basic ? Secara kesuluruhan, untuk yang complete, kita tidak perlu lagi men-download atau meng-copy package (paket) yang masih kurang jika dibutuhkan, sehingga kita tidak lagi memikirkan package-package yang harus di download lagi. Jadi, saya lebih merekomendasikan untuk install MiKTeX yang complete. Kemudian, bagaimana cara mengecek apakah MikTeX yang kita install tersebut itu versi complete atau basic ? Salah satunya dengan menjalankan salah satu TemplateTESIS dibawah ini.

ProposalTESIS1, ProposalTESIS2, TESIS1 atau TESIS2.

Ada cara lain ? Tentu ada, caranya adalah dengan Anda menggunakan \LaTeX terus menerus, maka lama-kelamaan Anda akan menggunkan package semakin banyak, nah dari sanalah nanti akan muncul “notifikasi” dan Anda harus men-download package yang Anda butuhkan untuk memuat dokumen tersebut.

Silahkan download salah satu template tesis diatas (misal ProposalTESIS1), kemudian ekstrak file nya, setelah itu, buka file Bab1.tex, Bab2.tex, Bab3.tex dan ProposalTesis.tex (harus buka 4 file tersebut, tidak boleh tertinggal satupun). Kemudian compile (atau tekan F9) filenya pada ProposalTesis.tex (tidak boleh di-compile pada Bab1 atau Bab2 atau Bab3, karena pasti akan gagal), jika berhasil, berarti package pada program \LaTeX Anda sudah lengkap. Jika masih belum berhasil, untuk sementara, saya hanya punya saran untuk install ulang MiKTeX 2.9 (atau MiKTeX 2.8) dengan meng-uninstall terlebih dahulu MiKTeX yang sudah terinstall sebelumnya.

By aim Posted in LaTeX

3 comments on “Cara Install LaTeX

  1. Ping-balik: Kenapa PDF-XChange ? | Math IS Beautiful

  2. Ping-balik: Menulis Document dengan LaTeX | Math IS Beautiful

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s