Kenapa PDF-XChange ?


pdf-xchange-viewerDari judul postingan mungkin sudah jelas apa yang saya akan tulis. Tulisan ini menyangkut dengan postingan saya sebelumnya yaitu tentang Cara Install Latex. Saya mencoba membahas masalah ini karena berdasarkan pengalaman yang saya dapat dalam menulis artikel dengan \LaTeX, saya punya beberapa kendala dari pdf yang saya gunakan sebagai output.

Sampai tulisan ini saya muat, saya sudah mencoba output \LaTeX dengan beberapa pdf seperti Adobe Reader, Foxit Reader, Nitro PDF Reader dan PDF-XChange Viewer.

AdobeReaderPertama untuk Adobe Reader, setiap meng-compile (running) file, output-nya akan tampil dari halaman pertama, menurut saya kelemahan menggunakan pdf ini adalah ketika kita lagi mengedit dihalaman 200, maka ketika di compile, hasilnya akan tampil di halaman pertama, ini cukup repot untuk meng-scrol ke halaman yang ingin dituju.

FoxitReaderKedua untuk Foxit Reader, kelemahan dari pdf ini adalah ketika meng-compile file yang sama (dengan asumsi hasil compile yang pertama tidak di-close), maka compile yang kedua akan gagal alias error. Jadi, setiap ingin meng-compile kita harus meng-close output yang pertama. Ini juga lumayan merepotkan.

nitroReaderKetiga untuk Nitro PDF Reader, sama halnya dengan Foxit Reader.

Untuk yang terakhir, setiap kita install \LaTeX, pasti ada output bawaan yaitu GS View, kekurangan menggunakan output bawaan ini adalah setiap kita meng-compile, maka output-nya tidak me-replace secara otomatis atau dengan kata lain, semakin banyak kita compile maka output-nya semakin banyak dan menumpuk.

Dengan masalah-masalah diatas, untuk sementara saya mengatasi dengan menggunakan PDF-XChange Viewer. Kenapa ? Dari pengalaman yang saya dapat, masalah yang terjadi pada Adobe sudah ter-cover dengan ini, dan masalah-masalah yang ada pada Foxit Reader dan Nitro PDF Reader juga sudah ter-cover dengan pdf ini. Jadi, kesimpulan saya, PDF-XChange ini yang “sempurna” untuk digunakan sebagai output di \LaTeX.

Yang menjadi pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara merubah output bawaan agar output-nya menggunakan PDF-XChange Viewer? Ditunggu pada postingan selanjutnya y. Insya Allah akan diposting dalam waktu cepat.

By aim Posted in LaTeX

Tinggalkan Balasan

