Tanya Jawab MATEMATIKA

Photobucket

Jadilah PENANYA yang CERDAS. Tolong baca aturan Tanya Jawab dari awal sampai akhir. Setiap orang yang bertanya, saya sudah anggap paham aturan yang tertulis di sini.

Selamat datang kawan di blog ini, melalui page ini, saya ingin mencoba membuka halaman Tanya Jawab Matematika khususnya soal-soal Matematika baik itu PR, tugas, latihan Ujian Nasional / SNMPTN / UM, soal olimpiade, tugas / masalah kuliah atau share tentang materi kuliah. Disini tidak menutup kemungkinan juga untuk kalian yang bisa jawab pertanyaan dari pengunjung untuk bantu menjawab.

PENTING DIBACA SEBELUM BERTANYA :

Setelah sekian lama saya membuka halaman tanya jawab ini, saya akan menerapkan aturan bertanya di blog ini :

1. Saya akan berterimakasih jika Anda nge-like Fans Page blog di Math Is Beautiful.

2. Sebelum bertanya, sebaiknya Anda terlebih dahulu sudah mencoba mengerjakannya dan silahkan tulis hasil pekerjaan Anda dikolom komentar untuk didiskusikan lebih lanjut.

3. Saya mungkin tidak memberikan jawaban langsung, tapi saya memberikan clue-clue atau hanya memberikan rumus yang akan mengarah ke jawabannya agar kita sama-sama bisa belajar dan sama-sama dapat ilmu.

4. Saya pribadi tidak hanya mengurus blog ini, saya juga punya kerjaan lain yang harus saya kerjakan, mungkin saya tidak bisa jawab pertanyaan semuanya dalam waktu cepat.

5. Bertanyalah seperlunya, jangan tanyakan semua soal sekaligus (tugas atau PR) Anda ke saya, karena saya pasti tidak akan jawab. Lebih baik Anda bertanya soal demi soal, saya akan lebih senang membantu Anda.

6. Saya tidak menjawab soal-soal selain matematika.

7. Jika bertanya lewat email, line atau WA, jangan hanya ngirim ‘hello‘, ‘hallo, ‘kak‘, ‘apa boleh saya nanya ttg mtk‘, dst, mohon maaf saya tidak akan respon. Lebih baik kalian to the point, langsung tanya. Insya Allah saya akan merespon seandainya saya bisa atau tidak untuk membantu.

7. Buat teman-teman yang bertanya lewat SMS, mohon maaf saya tidak akan membalas karena ada sesuatu dan lain hal.

8. Terimakasih untuk tidak bertanya pada saat JAM SEKOLAH.

9. Saya hanya manusia biasa dan tidak sepintar yang Anda kira, jadi mungkin tidak semua soal saya bisa jawab dan tidak semua jawaban saya benar.

10. Terimakasih untuk semuanya πŸ™‚

Semoga Membantu

Dengan Anda membaca paragraph terakhir ini, saya sudah menganggap Anda mengerti dengan aturan yang saya terapkan. Jika soalnya sulit untuk diposting pada kolom komentar, silahkan kirim soal ke email saya di aimprof08 @ gmail . com atau bisa kontak saya melalui WhatsApp (untuk sementara tidak aktif) atau Line @aimprof08. Saya akan mencoba untuk jawab dengan semaksimal mungkin.

2.387 comments on “Tanya Jawab MATEMATIKA

  1. 1 ibu membeli sekaleng biskuit. Pada kaleng biskuit tertera tulisan berat bersih(netto) 1.600 gram. Setelah di timbang kalengnya saja, di ketahui bahwa berat kaleng biskuit tersebut (Tara) adalah 400 gram. Berapa berat kotornya (bruto)?

  2. Sebatang besi berbentuk tabung dengan panjang 7 m dan memiliki diameter 1 cm untunglah volume tabung tersebut dalam cmΒ³ ( cm kubik)

  3. Berapa nilai akumulasi dari 1.250.000 pada akhir tahun ke 5 jika dimajemukkan dengan bunga 0,8% per bulan.
    berapa bunga majemuknya? dan berapa bunga tunggalnya?

  4. Diberikan himpunan 𝐴 = {π‘ π‘’π‘šπ‘’π‘Ž π‘“π‘Žπ‘˜π‘‘π‘œπ‘Ÿ π‘‘π‘Žπ‘Ÿπ‘– 72} dan
    𝐡 = {π‘π‘–π‘™π‘Žπ‘›π‘”π‘Žπ‘› π‘˜π‘’π‘™π‘–π‘π‘Žπ‘‘π‘Žπ‘› 3 π‘Žπ‘›π‘‘π‘Žπ‘Ÿπ‘Ž 2 π‘‘π‘Žπ‘› 30} didefinisikan relasi 𝑅 dari 𝐴 ke 𝐡
    sbb :
    𝒂𝑹𝒃 π’‹π’Šπ’Œπ’‚ 𝒅𝒂𝒏 π’‰π’‚π’π’šπ’‚ π’‹π’Šπ’Œπ’‚ 𝒂 π’Žπ’†π’Žπ’ƒπ’‚π’ˆπ’Š π’‰π’‚π’ƒπ’Šπ’” 𝒃, π’…π’†π’π’ˆπ’‚π’ 𝒂 ∈ 𝑨 𝒅𝒂𝒏 𝒃 ∈ 𝑩
    Tentukan :
    a. Relasi 𝑅 yang terjadi
    b. Representasi Matriks dari relasi 𝑅 tersebut dan tentukan pula matriks inversi dari
    𝑅
    c. Selidiki apakah 𝑅 merupakan relasi refleksif, simetris, transitif, irrefleksif,
    asimetris atau antisimetris? Jelaskan jawaban saudara!
    d. Selidiki apakah relasi 𝑅 tersebut merupakan fungsi? Jika ya, buktikan pernyataan
    saudara. Tetapi jika bukan fungsi berikan counter example-nya!

    • A ={ 1, 2, 3, 4, 6, 8, 9, 12, 18, 24, 36, 72 }
      B = {3, 6, 9, 12, 15, 18 }
      aRb = {(1,3), (1,6), (1,9), (1,12), (1,15), (1,18), (2,6), (2,12), (2,18), (3,3), (3,6), (3,9), (3,12), (3,15), (3,18), (4,12), (6,12), (6,18), (9,18), (12,12), (18,18) }

      a. saya kurang paham mksudnya, tapi spertinya diminta untuk mendaftarkan anggota relasinya. Kalau iya, jawabannya di atas aRb
      b. silahkan buat sendiri, refrensi dari buku Rinaldi Munir
      c. bukan refleksi, bukan simetri, anti simetri, transitif
      d. jelas bukan fungsi
      b.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s