Tanya Jawab MATEMATIKA

Photobucket

Jadilah PENANYA yang CERDAS. Tolong baca aturan Tanya Jawab dari awal sampai akhir. Setiap orang yang bertanya, saya sudah anggap paham aturan yang tertulis di sini.

Selamat datang kawan di blog ini, melalui page ini, saya ingin mencoba membuka halaman Tanya Jawab Matematika khususnya soal-soal Matematika baik itu PR, tugas, latihan Ujian Nasional / SNMPTN / UM, soal olimpiade, tugas / masalah kuliah atau share tentang materi kuliah. Disini tidak menutup kemungkinan juga untuk kalian yang bisa jawab pertanyaan dari pengunjung untuk bantu menjawab.

PENTING DIBACA SEBELUM BERTANYA :

Setelah sekian lama saya membuka halaman tanya jawab ini, saya akan menerapkan aturan bertanya di blog ini :

1. Saya akan berterimakasih jika Anda nge-like Fans Page blog di Math Is Beautiful.

2. Sebelum bertanya, sebaiknya Anda terlebih dahulu sudah mencoba mengerjakannya dan silahkan tulis hasil pekerjaan Anda dikolom komentar untuk didiskusikan lebih lanjut.

3. Saya mungkin tidak memberikan jawaban langsung, tapi saya memberikan clue-clue atau hanya memberikan rumus yang akan mengarah ke jawabannya agar kita sama-sama bisa belajar dan sama-sama dapat ilmu.

4. Saya pribadi tidak hanya mengurus blog ini, saya juga punya kerjaan lain yang harus saya kerjakan, mungkin saya tidak bisa jawab pertanyaan semuanya dalam waktu cepat.

5. Bertanyalah seperlunya, jangan tanyakan semua soal sekaligus (tugas atau PR) Anda ke saya, karena saya pasti tidak akan jawab. Lebih baik Anda bertanya soal demi soal, saya akan lebih senang membantu Anda.

6. Saya tidak menjawab soal-soal selain matematika.

7. Jika bertanya lewat email, line atau WA, jangan hanya ngirim ‘hello‘, ‘hallo, ‘kak‘, ‘apa boleh saya nanya ttg mtk‘, dst, mohon maaf saya tidak akan respon. Lebih baik kalian to the point, langsung tanya. Insya Allah saya akan merespon seandainya saya bisa atau tidak untuk membantu.

7. Buat teman-teman yang bertanya lewat SMS, mohon maaf saya tidak akan membalas karena ada sesuatu dan lain hal.

8. Terimakasih untuk tidak bertanya pada saat JAM SEKOLAH.

9. Saya hanya manusia biasa dan tidak sepintar yang Anda kira, jadi mungkin tidak semua soal saya bisa jawab dan tidak semua jawaban saya benar.

10. Terimakasih untuk semuanya 🙂

Semoga Membantu

Dengan Anda membaca paragraph terakhir ini, saya sudah menganggap Anda mengerti dengan aturan yang saya terapkan. Jika soalnya sulit untuk diposting pada kolom komentar, silahkan kirim soal ke email saya di aimprof08 @ gmail . com atau bisa kontak saya melalui WhatsApp (untuk sementara tidak aktif) atau Line @aimprof08. Saya akan mencoba untuk jawab dengan semaksimal mungkin.

2.387 comments on “Tanya Jawab MATEMATIKA

  1. Dik:
    Bila diberikan Sistem Persamaan Linear Non Homogen, sebagai berikut :
    3x + 2y = z + 5
    3x + 2z = 8 – 5y
    3z – 1 = x – 2y

    Dit:
    Carilah Harga x , y dan z dengan menggunakan :
    1. Aturan Crammer
    2. Eliminasi Gauss untuk segitiga atas dengan Transformasi Linear ( Operasi Baris Elementer )
    3. Eliminasi Gauss untuk Segitiga bawah dengan Transformasi Linear ( Operasi Baris Elementer )
    4. Dengan metode Substitusi

  2. Jika suatu lingkaran berjari-jari 5cm berpusat di M dirotasikan terhadap o(0,0) sebesar 60 derajat. Tentukan titik pusat M (-5,5)

  3. Jika suatu lingkaran berjari-jari 5cm berpusat di M dirotasikan terhadap o(0,0) sebesar 60 derajat. Tentukan titik pusat M (-5,5)

  4. 1. Jika -2 adalah akar-akar persamaan dari 2x^3 – 7x^2 – mx -12 = 0. Tentukanlah akar-akar persamaan tersebut !
    2. Salah satu akar persamaan x^3 + px^2– 3x – 10 = 0 adalah -2, tentukan jumlah akar-akar persamaan tersebut.
    3. Salah satu akar dari persamaan x^3 + nx^2 + (2n – 1)x + n + 8 = 0 adalah -2. Tentukan hasil kali kedua akar lainnya.

    ^ adalah tanda pangkat
    makasih udah jawab 🙂

    • no.1
      -2 merupakan akar dari 2x^3 -7x^2 -mx -2 = 0, artinya
      2 \times (-2)^3 -7 \times (-2)^2 -m \times -2 -2 = 0
      2 \times -8 -7 \times 4 +2m -2 = 0
      -16 -28 +2m -2 = 0
      -46 +2m = 0
      2m = 46
      2m = 23
      Sehingga diperoleh
      2x^3 -7x^2 -23x -2 = 0
      Dengan menggunakan Metode Horner (silahkan dibuat sendiri Horner nya), diperoleh
      2x^3 -7x^2 -23x -2 = 0
      (x+2)(2x^2 -11x -1) = 0
      Selanjutnya diperoleh untuk persamaan 2x^2 -11x -1 = 0 cari akar-akarnya menggunakan rumus ABC
      x_{1,2} = \dfrac{-b \pm \sqrt{b^2-4ac}}{2a}
      x_{1,2} = \dfrac{11 \pm \sqrt{11^2-4 \times 2 \times -1}}{2 \times 2}
      x_{1,2} = \dfrac{11 \pm \sqrt{121+8}}{4}
      x_{1,2} = \dfrac{11 \pm \sqrt{129}}{4}
      akar-akar lainnya adalah
      x_{1} = \dfrac{11 + \sqrt{129}}{4} atau x_{2} = \dfrac{11 -\sqrt{129}}{4}

      no.2 dan no.3
      caranya sama dengan no.1

  5. Suatu perusahaan memproduksi X unit barang dengan biaya X kurang 450 per x + 6 dalam Rp1.000 untuk tiap unit jika barang tersebut terjual habis dengan harga rp36.000 tiap unit Tentukan keuntungan maksimum yang diperoleh perusahaan tersebut

    • Diketahui : biaya setiap unit x -\dfrac{450}{x} +6
      bentuk fungsi biaya x unit
      f(x) = \left( x -\dfrac{450}{x} +6 \right) x
      f(x) = x^2 +6x -450
      turunkan fungsi f(x) dan syarat f'(x)=0 (maksimum/minimum)
      2x +6 =0
      x =-3
      Dalam soal ini, nilai x haruslah positif. Jadi, kemungkinan ada yang salah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s