Cara Menulis Rumus/Formula pada WordPress


Photobucket

Kali ini saya mau sharing bersama para pengunjung blog. Ini berawal dari saya ingin posting formula matematika, tapi saya mengalami kesulitan untuk menulis di wordpress. Setelah dipikir, saya punya alternatif seperti ini :

  1. saya buat formula pada word 2007 kemudian saya print screen tapi hasilnya kurang memuaskan dan agak ribet ketika ngeposting.
  2. Ngebuat formula matematika dengan symbol-simbol yang mudah dingerti.

    misal ketika ingin membuat ‘‘, saya menulis “x^2” dan sebagainya.

  3. Kemudian saya berpikir menggunakan bahasa latex. Tapi ternyata belajar bahasa latex (Tutorial LaTeX) cukup sulit juga 😀

Setelah browsing, saya mendapat solusi yang menurut saya memuaskan yaitu menggunakan bahasa latex tapi ini sejenis program. Jadi kita tidak perlu ribet-ribet belajar kode-kode bahasa latex, tinggal menulis formula pada kolom yang sudah disediakan dan mengkonvert menjadi HTML. Nah kode HTML ini yang kita gunakan untuk ngeposting tulisan pada wordpress. Tapi ingat, ketika kopi HTML nya, paste kode tersebut pada HTML (bukan Visual). Programnya bisa di dapat di latex.matematika.us. Kelebihan menggunakan latex.matematika.us ini adalah kita bisa review hasilnya. Jadi kita bisa letak salah atau benar formula yang kita tulis sebelum kita posting. Atau menggunakan Online LaTex Equation (linknya tadi dapat di retweet TWITER). Jika masih bingung pengunaan LaTeX, bisa baca di Tutorial LaTeX

Semoga Bermanfaat

10 comments on “Cara Menulis Rumus/Formula pada WordPress

    • memang image DI tampilannya tpi lebih jlasnya sperti image,.
      mnrut sya solusinya, coba cari tema yg berlatar belakang putih biar semua formula tdak kliatan sprti image,.

Tinggalkan komentar