Mengenal Tes Potensi Akademik (TPA)


Tes Potensi Akademik (TPA) merupakan salah satu tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan intelektual atau akademis seseorang agar memenuhi standar yang ditentukan oleh lembaga tertentu. TPA seperti halnya tes bakat skolastik digunakan untuk menyeleksi peserta tes ketika akan masuk suatu lembaga baru. Biasanya tes ini diujikan ketika sesorang akan menjadi pegawai baru di suatu instansi swasta atau pemerintahan, dan juga mahasiswa baru di universitas tertentu.

Materi tes yang yang diujikan dalam TPA meliputi materi bahasa, matematika (aljabar, aritmatika, dan geometri), logika, dan pengamatan spasial/ruang. Biasanya materi tersebut tersaji dalam tes kemampuan verbal, kemampuan logika, dan kemampuan visualisasi spasial.

Materi tes kemampuan verbal sangat beragam. Materi yang sering diujikan dalam tes ini antara lain tes persamaan kata (sinonim), tes lawan kata (antonym), tes perbendaharaan dan pengelompokan kata.

Materi tes kemampuan matematika antar lain tes seri huruf dan angka, tes aritmatika (berhitung), tes perbandingan, dan tes penalaran aritmatika. Materi tes kemampuan logika antara lain tes logika penalaran, logika perbandingan, logika analitis, dan logika umum.

Sementara materi tes kemampuan visualisasi spasial biasanya meliputi tes klasifikasi/pengelompokan gambar, tes menyusun bentuk, tes bayangan cermin, dan tes gambar umum.

Untuk dapat menyelesaikan soal TPA dengan baik, seseorang yang akan mengikuti tes tersebut harus mempersiapkannya dengan baik. Alasannya, soal tes akan dikerjakan dengan durasi waktunya sangat terbatas yaitu 45 detik sampai 1 menit. Padahal, jumlah butir soal yang harus dikerjakan sangat banyak. Oleh karena itu, diperlukan strategi khusus untuk menyelesaikannya. Disamping itu, perserta tes juga perlu berlatih dan belajar dengan soal serta materi tes yang sering diujikan dengan TPA, jika peserta mencapai nilai tertentu yang telah distandarkan oleh instansi atau universitas yang dituju.

Berikut Tips dan Trik nya :

1. Tips dan Trik untuk Tes Sinonim

2. Tips dan Trik untuk Tes Antonim

3. Tips dan Trik untuk Tes Analogi

4. Tips dan Trik untuk Tes Perbendaharaan dan Pengelompokan Kata

5. Tips dan Trik untuk Tes Seri

6. Tips dan Trik untuk Tes Aritmatika

7. Tips dan Trik untuk Tes Perbandingan

8. Tips dan Trik untuk Penalaran Aritmatika

10. Tips dan Trik untuk Tes Logika

11. Tips dan Trik untuk Visualisai Spasial

SOAL-SOAL nya bisa di download di TPA1 TPA2 TPA3 TPA4 TPA5

Soal TPA lengkap bisa lihat di Tes Potensi Akademik

Iklan

3 comments on “Mengenal Tes Potensi Akademik (TPA)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s