TIPS dan TRIK Mengerjakan Soal TPA (Bagian 4 : Perbendaharaan dan Pengelompokan Kata)


Tes perbendaharaan dan pengelompokan kata bertujuan untuk mengukur kemampuan Anda dalam mengelompokkkan kata. Kemampuan Anda tersebut akan diujkur dalam hal memahami kesamaan dan persamaan kata yang terdapat dalam soal. Oleh karena itu, pengayaan kata yang Anda miliki sangat diperlukan dalam menyelesaikan soal tersebut.

Tips dan trik yang dapat dilakukan dalam mengerjakan soal tes ini antara lain sebagai berikut :

  1. Carilah hubungan kata pada setiap jawaban yang akan ada.
  2. Jika menemukan satu kata yang tidak Anda pahami maka segera beralih ke pilihan jawaban yang lain. Jika kata lain termasuk kelompok kata yang diinginkan soal, maka kata yang Anda susah pahami tadi pasti bukan kelompok kata yang diinginkan soal.
  3. Jika Anda telah menemukan hubungan kata pada soal dengan kata pada jawaban tetapi Anda belum mengetahui jawaban yang tepat maka Anda dapat membuat kata-kata tersebut menjadi sebuah kalimat dengan menggunakan hubungan kata yang telah Anda temukan. Jika dua kalimat tersebut mempunyai makna yang krang lebih sama maka kata tersebut adalah jawabannya. Namun, apabila hal itu berlaku sebaliknya, kata yang Anda buat menjadi kalimat tersebut bukanlah jawabannya. Anda harus memikirkan kata yang tepat dan menysunnya menjadi kalimat

Untuk contoh soalnya bisa download di TPA-Padanan Kata 1

Soal TPA lengkap bisa lihat di Tes Potensi Akademik

Tinggalkan komentar