Misteri phi di Balik Crop Circle


Photobucket

Crop circLe adalah lingkaran tanaman yang mempunyai pola teratur yang terbentuk secara misterius di area ladang tanaman. Gambar disamping merupakan crop cirle yang unik. Mengapa? Karena, ada sesuatu yang menarik dibalik crop cirle ini.

Crop Circle ini ditemukan di Barbury Castle Pattern, Inggris. Jika dlihat, sepertinya crop circle ini biasa saja. Tapi jangan salah karena para ilmuwan telah meneliti crop cirle unik ini. Ternyata crop circle tersebut menyimpan sebuah misteri. Misteri apakah itu?? dan apa hubunganx dengan matematika??

Crop Circle merupakan contoh dari sebuah pola fraktal, atau geometris. Dengan mendesain crop circle menggunakan pola fraktal & geometris akan menciptakan Crop Circle yang paling indah.

Jika kita partisi menjadi 10 bagian dengan 36o sesuai bentuk pola dari crop circle tersebut sedimikian sehinhgga crop circle tersebut menjadi seperti pada gambar dibawah ini.

Photobucket

Setelah kita partisi, berilah nomor pada bagian-bagian tersebut sesuai dengan panjang diameternya. Kemudian, beri warna yang berbeda, agar tampak lebih jelas. Misalnya seperti pada gambar dibawah ini.

Photobucket

Sekarang, ambil angka trakhir dari bagian warna-warna tersebut

– Bagian Merah       : angka 3

– Bagian Hijau       : terdapat tanda titik ( . ) sesuai pola tanaman yang terlihat pada foto Crop Circle, dan ambil angka 1 untuk mewakili bagian ini.

– Bagian Ungu Tua    : angka 4

– Bagian Coklat      : angka 1

– Bagian Biru        : angka 5

– Bagian Kuning      : angka 9

– Bagian Ungu Muda   : angka 2

– Bagian Merah       : angka 6

– Bagian Hijau       : angka 5

– Bagian Biru tua    : angka 4

Kemudian, jika kita deretkan angka yang telah kita ambil dari setiap bagian warna, termasuk tanda titik pada bagian warna hijau, maka terbentuklah deretan angka 3.141592654… .Bilangan tersebut adalah nilai ‘phi’ yaitu 3.14 atau 22/7 yang biasanya berhubungan erat dengan lingkaran.

Konon katanya, nilai phi dianggap “nilai keramat” oleh orang zaman dahulu kala. Dan sampai sekarang nilai Phi masih menyisakan misteri mengenai ketelitian jumlah digit setelah titik decimal.

Sumber : gamatika

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s