Konsep Logika dan Pentingnya Logika


Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita menggunakan pikiran untuk memecahkan berbagai masalah yang ada. Termasuk dalam hal ini adalah membuat suatu keputusan. Sebelum membuat keputusan atau memecahkan suatu permasalahan, terlebih dahulu kita hadapkan pada permasalaha menarik kesimpulan dari beberapa gagasan atau informasi yang telah ada. Untukl menarik kesimpulan dari berbagai informasi yang ada tersebut diperlukan suatu kemampuan bernalar.

Kemampuan bernalar adalah kemampuan menarik kesimpulan dari sejumlah fakta, informasi, gejala atau bukti-bukti yang telah ada sebelumnya. Dalam menarik kesimpulan tersebut diperlukan suatu “kemampuan” agar proses dn kesimpulan yang diperoleh sahih atau valid. Kaidah-kaidah dalam logika akan mempermudah dan menjamin kesimpulan yang diperoleh sahih (valid) dan juga dapat dipakai untuk menilai atau memeriksa proses penarikan kesimpulan tersebut sahih atau tidak.

Seringkali kita membuat asumsi atau praduga yang salah terhadap sesuatu hal atau orang lain hanya dikarenakan kita salah mengintrepretasikan atau menafsirkan suatu pernyataan atau fenomena. Pengetahuan tentang kaidah-kaidah logika yang akan dipelajari dalam bab ini, akan dapat membantu kita dalam menghindari salah interpretasi atau penafsiran dan pada sisi lainnya dapat meningkatkan keah;lian dalah berpikir secara analitis dan aksiomatis yang merupakan cirri dalam belajar matematika.

Secara khusus, logika yang akan dipelajari adalah logika simbolik. Beberapa keuntungan belajar logika simbolik antara lain menghindari salah penafsiran yang disebabkan oleh kalimat atau pernyataan yang terlalu panjang, mudah melakukan perumuman atau memperpanjang rangkaian penalaran dalam menyelesaikan permasalahan yang lebih kompleks.

Dengan demikian, pengetahuan tentang kaidah-kaidah logika dapat digunakan untuk mengetahui cara penarikan kesimpulan yang sahih atau valid memnguji / menganalisis kesimpulan yang sudah ada apakah sahih atau tidak.

Sumber :

Bahri, S., 2006, Logika dan Himpunan, Universitas Mataram, Mataram.

Tinggalkan komentar